Prasangka Baik

Terkadang kita menganggap diri kita selalu merasa sial. Tertimpa kemiskinan yang berkepanjangan, tertimpa musibah berlarut-larut seperti jatuh, berkelahi, keluarga meninggal, dirampas rumah, warisan dan berbagai kemalangan lainnya seakan tidak berhenti. 

Rentetan kejadian tersebut membuat kita menjadi stress dan prasangka kita kepada Allah menjadi negatif. Padahal apa yang kita pikirkan sebelumnya  sebenarnya itulah yang terjadi sekarang. Karena Allah memberi kepada kita sesuai apa persangkaan kita kepadanya. 

Berbaik sangka kepada Allah adalah jalan untuk menggapai kebahagiaan dan kesuksesan. Sebab dengan berperasangka baik akan membuat kita menjadi baik. Berperasangka negatif kita akan mengalami kesialan sesuai yang kita sangkakan. Dalam istilah orang barat dia menyebut daya tarik menarik. 

Orang yang biasanya memulai hidup dipagi hari dengan pessimis makan akan mengalami kesialan sampai sore hari atau bahkan sampai pagi harinya juga. Jadi jadikan berpikir positif sebagai menuh pikiran kita setiap saat. Semua pikiran negatif kita arahkan kepositif. 

Contoh pikiran negatif yang sering muncul : susahnya hidup kita ganti alangkah bahagianya hidup ini, tidak bisa kita ganti dengan insyaallah saya pasti bisa, saya miskin terus ganti dengan Alhamdulillah atas karunia kekayaan yang engkau berikan kepadaku, dan lain-lain. 

Untuk mengembangkan pemikiran kita kearah positif yaitu dengan cara mengembangkannya dengan belajar. Banyak cara untuk mendalami misalnya mencari kata kunci di google, youtub terhadap apa yang akan kita rubah dalam diri kita. Misal ketik cara menjadi kaya, cara memdapat keturunan, cara berpikir positif dan lain-lain kata-kata yang ingin kita dapat. Setelah itu pelajari dan kaji terus menerus. 

Dalam ajaran agama Islam misalnya untuk menumbuhkan pikiran positif perbanyak berzikir, berselawat, bersedekah, sholat, tilawah dll amal kebaikan, kesemua itu akan membuat kita menjadi positif. 

Semua perkataan yang baik adalah energi positif yang bisa merubah kehidupan kita. Dari Miskin merubah menjadi kaya, dari sakit menjadi sehat, dll. 

Artikel Terkait : 

Comments

Popular Posts