BERHENTILAH MELAKUKAN PEKERJAAN SIA-SIA

Apakah anda pernah merasa kelelahan, namun pekerjaan yang Anda lakukan tidak berarti sama sekali, atau memboroskan waktu dengan tidak mencapai sesuatu yang bernilai. Lalu Anda bertanya pada diri sendiri, "Mengapa saya melakukan ini?", "Apakah hal itu penting?", atau "Apakah saya telah menciptakan manfaat?" Jika jawabannya adalah ya, maka dalam semua kemungkinan Anda terjebak dalam siklus yang terlibat dalam pekerjaan yang sia-sia yang hanya menyumbangkan nilai yang sangat kecil atau bahkan tidak bermanfaat bagi diri atau pekerjaan Anda.


Pekerjaan sia-sia
Pekerjaan yang sia-sia adalah pekerjaan yang tidak memberikan kontribusi apa-apa, dan tidak berguna. Bisa saja itu pekerjaan yang tidak memuaskan, atau pekerjaan yang tidak terlalu penting bagi diri Anda atau orang lain. Seringkali kecenderungan kita untuk terlibat dalam pekerjaan lahir dari rasa takut tidak punya kesibukan, takut orang lain berpikir kita malas. Hal ini telah menjadi masalah penerimaan sosial dan penghargaan profesional yang membuat kita terus-menerus sibuk, terkubur di bawah tumpukan "banyak pekerjaan."

Lakukan Pekerjaan yang Bermanfaat
Seringkali kita takut untuk berbicara, mempertanyakan mengapa kita melakukan sesuatu. Kita perlu mengajukan pertanyaan tersebut kepada orang lain maupun diri kita sendiri. Apakah kita memiliki perasaan bahwa pekerjaan kita memberikan kontribusi bagi kesehatan atau profitabilitas perusahaan? Apakah pekerjaan kita menyumbang sesuatu yang berharga kepada umum? Apakah kita memiliki rasa prestasi pribadi?

Lakukan Pekerjaan yang  Menghasilkan Nilai
Kebanyakan dari kita ingin melakukan pekerjaan yang penting, pekerjaan yang menciptakan dunia yang lebih baik, pekerjaan yang memiliki nilai di luar kita.
Tanyakan pada diri Anda:
  • Apakah pekerjaan saya meningkatkan kualitas kehidupan orang lain?
  • Apakah pekerjaan saya membuat hidup atau bekerja lebih baik, lebih mudah, lebih cepat, atau lebih sedikit stres?
  • Apakah saya merasa seperti sedang membuang-buang waktu saja?
  • Apakah pekerjaan saya sejalan dengan nilai-nilai saya?
Lakukan Pekerjaan yang Menghasilkan Sesuatu
Pekerjaan yang menghasilkan sesuatu yang nyata biasanya bermakna dengan beberapa cara. Namun, pekerjaan yang menghasilkan sesuatu yang tidak berwujud juga bisa bermakna. Pikirkan tentang pekerjaan Anda benar-benar menciptakan sesuatu atau tidak. Pastikan bahwa apa yang hasilkan sangat membantu, bukan berbahaya.
Tanyakan pada diri Anda:
  • Apakah Anda menghasilkan sesuatu yang berguna?
  • Apakah Anda menghasilkan kerja yang berkualitas, produk yang berkualitas, atau layanan yang berkualitas?
  • Apakah Anda menghasilkan sesuatu dengan efisien atau boros?
  • Apakah anda peduli tentang apa yang Anda produksi?
Lakukan Pekerjaan yang Memungkinkan Anda untuk Bertumbuh
Lakukan pekerjaan memungkinkan kita untuk belajar dan tumbuh sebagai pribadi secara inheren bermakna. Pekerjaan yang memungkinkan kita untuk mengekspresikan kreativitas kita dan menggunakan bakat tersebut secara bermakna. Pekerjaan yang memungkinkan kita untuk memperluas kemampuan kita dan terhubung ke dunia luar secara bermakna.
Tanyakan pada diri Anda:
  • Apakah Anda belajar sesuatu dari pekerjaan Anda?
  • Apakah Anda melakukan pekerjaan yang mencari solusi baru atau mencoba untuk melihat sesuatu dengan cara yang berbeda?
  • Apakah Anda melakukan pekerjaan dengan integritas?
  • Apakah Anda melakukan pekerjaan yang kreatif, inovatif, inventif dan bergairah?
  • Apakah Anda merasa rasa ada keberhasilan pada akhir setiap hari?
Tidak Perlu Sibuk jika Tidak Bermanfaat
Jika alasan Anda melakukan apa yang Anda lakukan agar tampak sibuk atau untuk mengisi waktu luang, maka kemungkinan itu adalah pekerjaan yang sia-sia. Jika alasan Anda melakukan pekerjaan. Jika Anda melakukan pekerjaan yang telah ditugaskan kepada Anda, jangan takut untuk mempertanyakan apakah cara menyelesaikan pekerjaan tersebut merupakan cara terbaik atau memberikan kontribusi untuk diri atau perusahaan Anda. Tidak perlu cemplung ke dalam budaya kesibukan jika pekerjaan tersebut tidak memberi nilai apa-apa.

Berhenti mencemaskan apa yang orang lain pikirkan tentang apa yang Anda lakukan. Lebih baik kuatir tentang apa yang Anda pikirkan dan lakukan. Teruslah mengajukan pertanyaan-pertanyaan sulit tentang sifat dari pekerjaan Anda. Lakukan pekerjaan yang sejalan dengan integritas Anda. Lakukan pekerjaan yang terasa berharga. Lakukan pekerjaan yang memberi kontribusi yang berarti untuk diri sendiri, perusahaan tempat Anda bekerja, lingkungan, atau dunia yang lebih besar.

DIKUTIP DARI: http://www.tipsmu-tipsku.com/2012/06/evaluasi-diri-berhentilah-melakukan.html

Comments

Popular Posts