1001 Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan

Minum air putih dalam perharinya tidak ada data yang pasti berapa yang harus kita minum. Tetapi kalau dirata umumnya laki-laki 3,7 perhari dan wanita 2.7 liter perhari (m.merdeka.com). Dengan konsumsi air yang cukup bisa membuat kesehatan menjadi baik dan fungsi ginjal terpelihara. Tetapi jangan juga mengkonsumsi air terlalu berlebihan. Karena segala sesuatu yang berlebih akan ada juga efeknya. 

Sumber gb. www.mediatataruang.com

Kurang minum perharinya  sementara banyak aktivitas bisa menyebabkan kurang cairan tubuh. Ciri-ciri kurang air dalam tubuh adalah pada saat kencing warnanya agak kuning.  Tubuh kita terdiri atad 70 persen air,maka dengan demikian keseimbangannya harus kita jaga. Dengan menjaga berarti kesehatan dijamin prima.Jangan minum sambil berdiri karenan berbahaya bagi kesehatan

Berikut manfaat memperbanyak minum air putih:

1. Menghilangkan Racun

Minum air secara teratur akan membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh. Minum air putih dapat pula meningkatkan pembentukan otot dan pembentukan sel darah.  Ketika tidur ginjal menampung semua racun dalam tubuh dan membuang limbah terbuang didarah. Dalam proses itu dibutuhkan air yang cukup  terutama air hangat. Terutama saat bangun tidur sebaiknya minum air putih terlebih dahulu. Karena pada saat bangun tidur fungsi organ dalam tubuh belum lancar.

2. Mencegah Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan disebabkan oleh meningkatnya asam lambung diperut. Asam lambung dirasakan  pada saat naik ketenggorokan biasanya menyebabkan perasaan seperti mau mual. Dengan minum air putih ketika perut kosong bisa membuat asam lambung turun dan encer. 

Setelah menkonsumsi air yang cukup saat bangun tidur membuat pemanasan organ-organ dalam tubuh. Setelah mengkonsumsi air kira-kira 1 jam kemudian barulah menkonsumsi makanan berat. Karena menkonsumsi makanan berat sebelum minum biasanya membuat lambung kaget dan bisa menyebabkan tergannggunya sitem pencernaan.

3. Menyehatkan Organ

Kalau air dalam tubuh kurang apalagi kurang minum dalam satu harian meyebabkan usus besar mengeluarkan cadangan air dari bahan limbah di usus. Bila air cadangan  terlalu banyak keluar menyebabkan penyumbatan usus dan sitem pencernaan akan aus. Dan akan menyebabkan dehidrasi akibatnya usus besar bekerja berat. Tentu saja kalau bekerja beratnya usus besar menyebabkan kerusakan organ lain dalam tubuh.

Disamping itu minum yang cukup juga akan membuat kulit jadi halus, lembab dan tidak berminyak. Hal ini terjadi karena air dalam tubuh terhidrasi dengan baik. Tentu saja masih banyak lagi manfaat dari mengkonsumsi air yang cukup.

Sekian dan terimakasih

By. Amran

Comments

Popular Posts