Manfaat Minum Sambil Duduk dan Larangan Minum Berdiri

Kebiasaan minum atau makan sambil berdiri adalah kebiasaan yang dilarang oleh Rasulullah. Makan dan minum sambil berdiri tentu ada alasannya tersendiri. Minum dan makan sambil berdiri biasanya  kita lihat pada saat terjadi ada acara resepsi. Kebiasaan ini tentunya sudah mengalar dan sangat susah untuk dihentikan. Selanjutnya kenapa kita dilarang makan atau minum sambil berdiri?


Sumber gb. https://masmoi.wordpress.com/
Dari Anas dan Qatadah, Rasulullah shallahu 'alaihi wasallam bersabda: sesungguhnya beliau melarang seseorang minum sambil berdiri, Qatadah berkata" bagaimana dengan makan?" Beliau menjawab"itu lebih buruk lagi".(HR.Muslim dan Tirmidzi).


1. Menyehatkan Pencernaan

Makan dan minum sambil berdiri akan mempercepat jatuhnya makanan kelambung. Akibatnya makanan yang kita makan tidak dicerna dengan sempurna. Minum sambil duduk lebih sehat, lebih sopan dan lebih selamat. Karenan jatuhnya makanan kedasar usus berjalan lembut dan pelan untuk sampai dasar usus. Makan sambil berdiri, jatuhnya makanan bisa melukai dinding usus karena jatuhnya keras membentur dinding usus sebelum sampai kedasar  usus. Kalau ini terjadi berulan-ulang bisa menyebabkan usus melar dan akhirnya merusak sistem pencernaan.Baca juga manfaat kencing duduk dan larangan kencing berdiri

Minum sambil berdiri juga menangkan syaraf dan kalau berdiri sistem  penyeimbang syaraf sangat aktif menyebabkan saraf tersebut melakukan kontrol aktif terhadap seluruh organ manusia untuk melakukan keseimbangan dan berdiri tegak. Sehingga tidak mendapatkan ketenangan pada organ tubuh saat makan dan minum.kalau duduk sistem saraf jadi rileks dan respon pencernaan terhadap makanan menjadi optimal.

2. Minum Sambil Berdiri Bisa Menyebabkan ginjal

Seseorang yang minum sambil berdiri bisa menyebabkan kerusakan ginjal, karena air tidak disaring dengan benar. Oleh ginjal. Sisa limbah yang tidak tersaring menjadi limbah masuk kekandung kemih dan bercampur dengan darah yang dapat menyebabkan kerusakan ginjal.

Disamping itu air yang kita minum akan menurunkan tingkat keasaman tubuh. Fingsi ini berjalan dengan baik manakalah minum sambil duduk.

Sekian dan trimakasih semoga manfaat

By.amran

Comments

Popular Posts