Patil Lele Dan Bahayanya

Beberapa hari yang lalu sekitar tanggal 1-4-2019 saya tersengat patil ikan lele. Waktu itu ada teman yang panggil untuk menangkap ikan lele dikubangan sawahnya. Sebelumnya dipompa dahulu airnya sampai mendekati kering. Setelah airnya kering saya mencoba untuk turun menangkapnya. Saya menangkap banyak ikan seperti ikan gabus, ikan lele, ikan dan kumis. Cukup lama aku asik menangkap ikan tiba-tiba tangan saya tertusuk patil ikan lele. Mulanya mengeluarkan darah lama kelamaan mulai terasa ngilu sampai selangkangan.

Sakitnya bukan main, baru kali ini saya merasakan sakit yang luar biasa. Saya di tusuk sekitar jam 5.00 sore nanti meredah setelah 5 jam kemudian. Itupun sakitnya masih terasa sampai besoknya. Menurut beberapa literatur yang saya baca katanya semakin kecil lele yang menusuk semakin sakit rasanya. Dan memang terbukti bahwa lele yang menusuk saya memang kecil sekali.
Dahulu waktu masih SD  dikampung saya juga perna dipatil tetapi sakitnya tidak sesakit ini. Makanya ketika saya menangkap beberapa hari lalu saya berani, karena menurut saya tidak terlalu sakit kalau dipatil. Pada patil ikan lele mengandung racun. Racun itu ketika tertusuk bisa menyebabkan demam, dan bahkan bisa menurunkan daya tahan tubuh. 

Ada beberapa hal yang perlu kita lakukan ketika tertusuk patil ikan lele diantaranya: 

  1. Segera keluarkan darahnya dengan cara ditekan
  2. Kemudian ikat untuk menghindari penularan racun ikan lele
  3. Cuci bersih kemudian cari daun-daunan yang memiliki anti oksidan diteteskan kebagian yang luka seperti daun kopasanda
  4. Olesi dengan lendir yang ada pada kulit ikan lele
  5. Gunakan otak ikan lele untuk dioleskan pada luka
  6. Istirahat yang cukup 
  7. Segera ke dokter terdekat.
  8. Dll
Demikianlah langkah-langka yang harus dilakukan ketika tersengat ikan lele.

Comments

Popular Posts