Manfaat Tangan Kanan Saat Makan

Makan menggunakan tangan sudah dianjurkan oleh nabi kita. Apalagi sekarang orang umumnya menggunakan sendok dan garpu. Tetapi tahukah anda ternyata menggunakan tangan lebih sehat dari menggunakan sendok dan semacamnya. Berikut manfaat pakai tangan:

1. Menjalankan sunnah Rasulullah

Makan dengan menggunakan tangan kanan berarti menjalankan sunnah berarti juga mentaati perintah Allah. Ketika kita taat maka kita akan mendapatkan pahala. Pahala tentunya merupaka bekal kita juga. Apa yang diperintahkan Allah didalamnya ada hikmah yang tersembunyi.

Segala sesuatu kalau kita menggunakan tangan kiri merupakan kebiasaan setan. Kebiasaan menggunakan tangan kiri bisa membuat tangan itu menjadi dominan. Kalau dibiasakan terus menerus meyebabkan susah dirubah kembali. Akibatnya jadilah kita mengikuti kebiasaan setan dan mengabaikan sunnah Rasulullah. Dalam Islam juga diajarkan menggunakan tiga jari dalam makan. Menggunakan tiga jari juga akan membuat tubuh lebij sehat. Kenapa menggunakan 3 jari karena menurut penelitian enzim RNase lebih banyak terdapat pada ujung telunjuk, jari tengah dan jempol.

2. Membuat Tubuh Lebih Sehat.

Di dalam tangan kanan terdapat zat yang bisa menetralisir bakteri yang terdapat dalam makanan. Zat itu berupa enzim yang bisa mengurangi kemampuan bakteri untuk merusak tubuh bahkan bisa membunuh bakteri jahat. Enzim yang terdapat dalam tangan bernama enzim RNAse. Dengan menggunakan tangan kanan membuat sistem kekebalan tubuh akan kuat sehingga mudah terhindar dari sakit.

Kebiasaan menggunakan tangan kanan dengan mencuci lebih dahulu menyebabkan bakteri jahat hilang dan meninggalkan bakteri baik. Bakteri baik yang ada dalam tangan kanan akan bercampur makanan masuk dalam tubuh menyebabkan sistem pencernaan akan lancar. Itulah sebabnya terkadang kalau mengkonsumsi makan yang sifatnya lembek seperti bakso, indomi, bubur, sub ubi dan makanan berkuah lainnya bisa menyebabkan mencret (ini hanya pengalaman saja )

Makan dengan tangan kanan lebih mudah direspon otak. Caranya karena makanan yang dikonsumsi misalnya terlalu panas atau dingin. Yang merespon terlebih dahulu adalah tangan. Respon bisa berupa panas, dingin, keras, lembek, dll. Dengan demikian otak akan lebih bekerja dalam makan sekalipun. Baca juga manfaat masuk wc dengan kaki kiri

Demikianlah apa yang saya sampaikan. Semoga bermanfaat. Menerima saran untuk perbaikan tulisan ini.

By. Amran

Comments

Popular Posts