Manfaat Membaca Bagi Otak dan Fisik

Membaca mempunyai banyak sekali manfaat diantaranya mengasah otak, menambah wawasan, mencerdaskan dan membuat fisik akan kuat. Rasulullah sendiri diperintahkan untuk membaca. Jadi membaca yang tersirat maupun yang tersurat. Yang tersirat yaitu mempelajari hal-hal yang belum terpecahkan dan yang tersurat yitu hal-hal yang sudah ada tinggal mempelajari untuk menambah wawasan. Beberapa manfaat membaca telah diungkapkan oleh para ahli diantaranya :

1. Menguatkan Memori

Ketika kita membaca harus melibatkan otak bawah sadar. Yaitu melibatkan semua hal yang ada dalam tubuh kita untuk mengingat apa yang kita baca. Semua bagian tubuh kita libatkan disamping mata juga yang lainnya seperti hati kita fokuskan, telinga, hidung, kulit dan  pikiran yang paling dalam kita satukan untuk mencapai pemahaman. Dengan menyatukan itu semua membuat otak kita akan terbiasa mengingat dengan bantuan panca indra yang lain. Karena kalau hanya membaca dengan mata saja tanpa pemahaman membuat  kita akan lupa dalam sekejap. Membiasakan hal ini akan mengasah otak kita untuk terbiasa akhirnya cepat paham. Jangan lupa juga membaca fungsi air dalam memperbaiki fungsi otak

Membaca itu beda ketika kita menonton tv atau mendengar radia. Membaca memberikan intruksi seperti imajinasi, bahasa dan  kemampuan menterjemahkan apa yang kita baca dengan demikian membuat otak seperti diasah. Karena ada keinginan untuk mempelajari lebih lanjut. Tentu saja kalau kita bukan sekedar membaca tetapi memahami apa yang kita baca. Sehingga kita betul-betul untuk menjadikan apa yang kita baca terpahami dengan baik. Dengan memahami dengan baik maka berbagai situasi kita mampu menjelaskan pemahaman yang telah kita ketahui itu.

2. Membuat Kita Dapat Berpikir Beruntung.

Dengan rajin membaca membuat pikiran kita terbuka dengan lebar. Sehingga semua simpul penghalang terbuka untuk memahaminya. Dalam memahami suatu persoalan tentu ada literatur yang pernah kita baca. Sehingga kita bisa menghubungkan semua keterkaitan tersebut sehingga membentuk suatu kalimat yang bisa memberikan pemahaman. Seperti filsafat yaitu mengkaji ilmu sampai keakar-akarnya. Jadi untuk menghasilkan ilmu harus diketahui bagian-bagian yang harus ada dalam ilmu itu. Kemudian kita menghubungkan antara satu dengan yang lainnya. Dengan memahami bagian-bagian tersebut kemudian dirangkai maka lahirlah ilmu yang utuh. Dimana ilmu itu dapat dijelaskan dan dipahami oleh orang lain.

3. Menghilangkan Stres

Membaca ini menghilangkan stres terutama ketika membaca buku yang menyangkut cara untuk menghilangkan stres. Atau buku yang berupa ilmu tentang cara mengatasi masalah. Dan banyak lagi tema buku yang bisa kita baca untuk memberikan ketenangan. Seperti buku agama, fisilogi, buku panduan, dll.

Demikianlah pembahasan kami. Semoga bermanfaat. Keritikan dan sarang kami tunggu untuk memperbaiki pembahasannya. Trimakasih

By. Amran

Comments

Popular Posts