Manfaat Masuk Wc Dengan Kaki Kiri

Salah satu akktivitas yang dilakukan berulang-ulang oleh manusia adalah aktivitas dalam wc. Setiap hari kita masuk baik buang air kecil maupun buang air besar. Tetapi dalam hal ini kita harus senantiasa berjalan diatas tutunan Nabi kita dan Anjuran kesehatan. Tentu saja Rasulullah telah menetapkan aturan kalau kita keluar masuk wc tersebut. Sebab Rasulullah dalam memberikan tuntunan tentu ada hikmanya yang tidak tersentuh oleh logika manusia. 



Ketika kita masuk wc hendaklah kita menggunakan kaki kiri. Karena dengan menggunakan kaki kiri berarti mengikuti sunnah dan kita terlindung dari setan yang ada dalam wc. Setan dalam wc ada sepasang yaitu setan laki-laki dan setan perempuan. Setan tidak bisa melihat auratnya orang yang berdoa apabila masuk. Kita sering mendengar orang jatuh di wc akhirnya kena strook. Ini juga kemungkinan di ganggu setan tersebut.
Olehnya itu nabi Ajarkan ajarkan doa perlindungan.
– اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ.
,”se-sungguhnya aku berlindung kepadaMu dari godaan setan laki-laki dan perem-puan”. (HR.Ahmad).
[بِسْمِ اللهِi]Nabi juga ajarkan doa yang lain
“Dengan nama Allah. Ya Allah” (HR.Ibn Abi Syaibah).

Dzikir ini berfungsi untuk menutup aurat manusia dari penglihatan jin. Hendaknya ketika masuk wc hendaknya masuk dengan kaki  kiri. Karena kaki kiri digunakan untuk memasuki tempat-tempat yang kotor. Sedangkan kaki kanan biasanya untuk hal-hal yang baik.misalnya masuk mesjid, masuk rumah, atau memasuki tempat-tempat yang suci lainnya. Dan ketika sudah didalam wc jangan berlama-lama karena tempat itu kotor, sarang penyakit dan tempatnya setan. Dan setelah keluar bacalah doa keluar wc.
غُفْرَانَكَ.
“Aku minta ampun kepadaMu” (HR.Ahmad).

Demikianlah manfaat masuk wc dengan kaki kiri dan keluar  wc  dengan kaki kanan. Semoga bermanfaat.

By. Amran

Comments

Popular Posts