Manfaat Kencing Duduk dan Larangan Kencing Berdiri

Kencing artinya mengeluarkan cairan  yang sudah tidak bermanfaat lagi dalam tubuh. Zat lain yang dikeluarkan adalah keringat meludah, bab dll. Kencing jongkok merupakan sunnah Rasulullah. Banyak sekali manfaatnya kencing jongkok. Diantaranya adalah mencegah prostat. Tentu kita berpikir bahwa umumnya yang kena penyakit prostat adalah laki-laki. Kenapa perempuan jarang kena prostat? Karena perempuan cara kencingnya jongkok sedangkan laki-laki sebagian besar kencing berdiri. Baca juga manfaat makan pakai tangan kanan dan larangan pakai tangan kiri.

Kencing dengan cara jongkok jauh lebih higienis dari berdiri. Karena dengan berdiri akan kena percikan air kencing. Dimana percikannya akan terpercik dan bahkan beberapa cm. Tentu saja percikan itu kalau kena celana akan menjadi najis. Padahal najis yang terpercik mengenai celana akan menyebabkan sholat tidak sah karena ada najisnya. Percikan air kencing yang bertebaran karena berdiri bisa menyebabkan munculnya kerak. Dimana kerak itu akan menebal dan tentu diperlukan perlakuan khusus untuk menghilangkannya.

Kencing jongkok juga mendapatkan pahala karena sunnahnya Nabi .

Dari Aisyah -radhiallahu anha- dia berkata:
مَنْ حَدثَكُمْ أَن النبِي صَلى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلمَ كَانَ يَبُولُ قَائِمًا فَلَا تُصَدقُوهُ مَا كَانَ يَبُولُ إِلا قَاعِدًا
“Barangsiapa yang menceritakan kepada kalian bahwa Nabi -shallahu ‘alaihi wasallam- buang air kecil sambil berdiri maka janganlah kalian percayai, karena beliau tidak pernah buang air kecil kecuali dengan duduk.” (HR. At-Tirmizi No. 12 dan An-Nasai No. 29)

Dengan posisi jongkok menyebabkan kandungan kemi akan tertekan menyebabkan kandungan kemih menjadi kosong. Sementara kalau berdiri sisa air  kemi yang tidak keluar akan bertumpuk dan akhirnya membentuk kerak seperti batu-batu. Yang nantinya cikal bakal terjadinya prostat. Dan biasanya pada saat buang air kecil sambil jongkok biasanya diikuti oleh keluarnya gas dari dalam perut. Dimana dalam gas itu terdapat berbagai jenis penyakit yang kalau tidak dikeluarkan akan menyebabkan banyak penyakit lain.

Demikianlah manfaat kencing jongkok.

By. Amran

Comments

Popular Posts